Minggu, 03 April 2022

Telat Mens 4 Hari = Hamil ?

 Telat Mens 4 Hari = Hamil ?

Saya ingin bertanya. Saya sudah menikah 7 bulan an lebih, dan sekarang saya sudah telat menstruasi kira - kira 4 hari. Sebelum - sebelumnya saya selalu tepat waktu. Akhir - akhir ini saya sering mengalami kram di bagian perut, sering BAK, kepala pusing dan cepat lelah serta sering mengantuk. Yang ingin saya tanyakan, mungkinkah saya hamil dan apakah sudah bisa saya melakukan TEST PACK? Atas perhatian dan kesedian menjawab pertanyaan saya, saya ucapkan terima kasih.


Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 

 

Kemungkinan besar bila test-pack positif maka memang terjadi kehamilan. Test-pack ini mengukur hormon hcg yang dikeluarkan oleh janin. Sebenarnya saat test-pack positif harusnya sudah ada gambaran di dalam rahim. Namun tidak selalu test pack yang negatif menandakan tidak adanya kehamilan, karena bisa saja ada faktor kesalahan atau false negatif. 

Sedikit informasi untuk Anda, tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tetapi siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Bagaimana dengan siklus haid Anda selama ini? Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
  •  dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Telat Mens 4 Hari = Hamil ?

0 comments:

Posting Komentar

close